Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh

Nurfaizah Aidah, 140201252 (2019) Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi  Belajar Siswa  Dalam Pembelajaran Sejarah  Kebudayaan Islam  Kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh)
Nurfaizah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Arus globalisasi pada saat ini semakin maju hal ini terlihat dari kemunculan berbagai teknologi canggih, bahkan dalam dunia pendidikan dewasa ini juga membutuhkan teknologi canggih agar memudahkan proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dilakukan saat proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media audio visual. Pemakaian media audio visual dalam proses pembelajaran sangat membantu guru dalam penyampaian materi kepada peserta didik terutama pada pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 1 Banda Aceh, dengan tersedianya media yang baik maka peserta didik dapat termotivasi dalam belajar. Namun pembelajaran SKI di MTsN 1 Banda Aceh kelas VIII masih kurang diminati. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan media teknologi yang telah disediakan dalam pembelajaran, meskipun model pembembelajarannya bervariasi, pembelajaran SKI belum mampu menarik perhatian peserta didik, untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dianjurkan menerapkan media audio visual pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan media audio visual dalam pembelajaran sejarah kebudaaan Islam ? Bagaimana penerapan media audio visual dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII2 MTsN 1 Banda Aceh sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan skala sikap peserta didik.Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I dengan menggunakan rumus nilai skor hasil 69,11 yang termasuk dalam kriteria kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor hasil 92,64 yaitu dengan kriteria amat baik serta hasil dari pengolahan data respon skala motivasi peserta didik pada mata pelajaran SKI pada siklus I mencapai 57,26% serta pada siklus II dengan menerapkan media audio visual persentase respon motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran SKI meningkat menjadi 70,33% termasuk dalam kriteria “tinggi”. Dengan demikian penerapan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajara sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII di MTsN 1 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani, S. Ag., M.Ag Pembimbing II : Dra. Juairiah Umar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Motivasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.7 Penggunaan Buku dan Media lainnya sebagai Sumber Informasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurfaizah Aidah
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:33
Last Modified: 25 Sep 2019 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item
View Item