Analisis Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan antara Pasar Tradisional Peunayong dengan Suzuya Mall)

Della Geubrina Murni, 150602001 (2019) Analisis Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan antara Pasar Tradisional Peunayong dengan Suzuya Mall). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan antara Pasar Tradisional Peunayong dengan Suzuya Mall)]
Preview
Text (Analisis Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan antara Pasar Tradisional Peunayong dengan Suzuya Mall))
Della Geubrina Murni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pasar memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Islam menekankan adanya moralitas yang sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk persaingan pedagang tradisional di Pasar Peunayong dan Suzuya Mall serta mengkaji tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap bentuk persaingan tersebut. Data diperoleh melalui metode observasi dan wawancara terstruktur pada kelompok pedagang dan asisten manajer. Metode analisis dilakukan secara deskriptif komparatif antara Pasar Peunayong dan Suzuya Mall. Berdasarkan hasil analisis, bentuk persaingan tergolong kompetitif. Ditinjau dari Etika Bisnis Islam, dari segi prinsip tauhid, keduanya bersikap jujur dalam berdagang dan menyampaikan informasi. Dari segi prinsip keseimbangan, beberapa pedagang menetapkan harga tidak adil. Dari segi prinsip berkehendak bebas, keduanya memberikan kebebasan kepada pembeli untuk membeli atau tidaknya barang dagangannya. Dari prinsip tanggung jawab, Suzuya Mall tidak bertangggung jawab atas produknya yang cacat. Dan dari prinsip ihsan, keduanya tidak saling menjatuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azharsyah, SE.Ak, M.S.O.M Pembimbing II : Hafiizh Maulana, SP., S.HI., M.E
Uncontrolled Keywords: Persaingan Pasar, Bauran Pemasaran, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Della Geubrina Murni
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:01
Last Modified: 27 Sep 2019 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item
View Item