Efektivitas Pelaksanaan Konseling Trauma Pada Siswa Korban Gempa di SMP Negeri 1 Bandar Dua

Al Fajar, 140213068 (2019) Efektivitas Pelaksanaan Konseling Trauma Pada Siswa Korban Gempa di SMP Negeri 1 Bandar Dua. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Konseling, Trauma]
Preview
Text (Membahas tentang Konseling, Trauma)
Al-Fajar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru BK adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan konsultasi berdasarkan standar profesi. Apabila guru BK memiliki keterampilan dalam melaksanakan dan menggunakan teknik-teknik konseling dengan baik maka anak dapat mencegah permasalahan dan mengembangkan dirinya dengan baik pula. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) efektifitas pelaksanaan konseling trauma di SMP Negeri 1 Bandar Dua (2) hambatan pelaksanaan kegiatan konseling trauma di SMP Negeri 1 Bandar Dua. Penellitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian berjumlah 7 orang yaitu 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru BK dan 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan…... Kemudian untuk menguji keabsahan data, dilakukan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ………. 1. 2. Sesuaikan dengan hasil penelitian di dalam guru BK melaksanakan layanan konseling trauma dengan baik, karena pada dasarnya pelaksanaan konseling trauma sangat beda dengan proses pelaksnaan layananankonseling pada umumnya. Sehingga pelaksanan konselling trauma lebih kepada teknik wawancara pada siswa yang mengalami korban atau sebuah kejadian yang membuatnya trauma, adapun proses pelaksanaan konseling ini juga mendapatakan dukungan dari tim relawan maka oleh karena itu jika tidak terjalinnya kerjasama antara guru BK dengan tim relawan maka proses pelaksanaan konseling trauuma tidak akan jadi efektif dan efisien. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa….. tulis kesimpulan penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saifullah, M. Ag; 2. Qurrata A’yuna, M. Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Trauma
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Al Fajar
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:12
Last Modified: 27 Sep 2019 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item
View Item