Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Baitul Mal Aceh Untuk Program Pemberdayaan Ekonomi)

Ita Maulidar, 140602010 (2019) Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Baitul Mal Aceh Untuk Program Pemberdayaan Ekonomi). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Baitul Mal Aceh Untuk Program Pemberdayaan Ekonomi)]
Preview
Text (Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Baitul Mal Aceh Untuk Program Pemberdayaan Ekonomi))
skripsi fuul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas pendayagunaan dana zakat, infak dan shadaqah yang ada di baitul mal aceh untuk program pemberdayaan ekonomi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena metode ini menurut penulis cocok dan relavan dengan objek penelitian. Dalam penelitian ini data yang digunakan ialah data kualitatif yaitu yang bersumber dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua instrumen tersebut saling menunjang dan melengkapi sehingga diperoleh data yang lengkap dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baitul mal aceh telah berhasil mendayagunakan dana zakat, infak dan shadaqah dalam peningkatan kesejahteraan mustahik dengan jumlah 15 mustahik yang berhasil diberdayakan pada program pemberdayaan ekonomi. Program pemberdayaan ekonomi telah berjalan dengan efektif dibuktikan dari tingkat pendapatan yang dirasakan mustahik sebelum dan sesudah menerima bantuan dari program pemberdayaan ekonomi serta peningkatan dalam segi agama para mustahik yang sesuai dengan tujuan program pemberdayaan ekonomi yakni meningkatkan dari segi material dan spiritual para penerima bantuan modal usaha (mustahik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembimbing 1 :Dr. Nur Baety Sofyan, Lc., MA Pembimbing 2 :Seri Murni, SE., M. Si., Ak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ita Maulidar Ita
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:12
Last Modified: 30 Sep 2019 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item
View Item