Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar pada Materi Asam Basa di SMA N 1 Pasie Raja

Devi Yulida, 140208150 (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar pada Materi Asam Basa di SMA N 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile  Learning Pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar)
DEVI OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan guru kimia yang dilakukan di SMA N 1 Pasie Raja pada tanggal 15 Desember 2017 pukul 08:00 WIB, diperoleh data permasalahan bahwa guru bidang studi di SMA N 1 Pasie Raja belum menggunakan media berbasis Mobile Learning pada Smartpone pada materi Asam Basa. Akibatnya siswa merasa bosan dalam pembelajaran kimia. Sehingga siswa membutuhkan sebuah media pembelajaran untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini mencoba mendesain media berbasis Mobile Learning pada Smartphone pada materi Asam Basa di SMAN 1 Pasie Raja. Rancangan penelitian ini Research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket. Rancangan pengembangan media berbasis Mobile Learning pada Smartphone telah mengikuti kelima model ADDIE dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil evaluasi pengembangan media berbasis Mobile Learning pada Smartphone menunjukkan bahwa berdasarkan ahli media 91,07%, ahli materi 95% dan ahli bahasa 87,5% sehingga diperoleh nilai rata-rata akhir 91,19% terhadap media berbasis Mobile Learning pada Smartphone sangat layak digunakan, berdasarkan angket dari 10 pernyataan yang berisi tentang pemahaman diperoleh nilai 79% dikategorikan sangat baik dan yang berisi tentang ketertarikan siswa diperoleh nilai 64% dikategorikan tingkat ketertarikan siswa tertarik terhadap media yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Sabarni, M.Pd 2.Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Berbasis Mobile Learning pada Smartphone, asam basa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Devi Yulida
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:56
Last Modified: 12 Feb 2020 06:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item
View Item