Analisis Kelayakan Pembiayaan Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB (Studi Kasus Pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh)

Hauriatul Jannah, 170603265 (2019) Analisis Kelayakan Pembiayaan Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB (Studi Kasus Pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kelayakan Pembiayaan Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB (Studi Kasus Pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Kelayakan Pembiayaan Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB (Studi Kasus Pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh))
skripsi full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB merupakan produk pembiayaan mikro pada PT.BRISyariah. PT.BRISyariah melakukan penilaian pembiayaan salah satunya analisis kelayakan bertujuan meminimalisir risiko. 5C merupakan metode dalam menilai kelayakan pembiayaan terdiri dari character, capacity, collateral, capital dan condition of economy. Selain itu aspek yang penting untuk diperhatikan yaitu 1S (Shariah Compliance). Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis kelayakan pembiayaan dan strategi yang diterapkan dalam menangani risko pembiayan KUR Mikro iB pada PT.BRISyariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan PT.BRISyariah melakukan analisis kelayakan pada pembiayaan sesuai dengan teori dan prosedur yang ada. Adapun strategi penanganan risiko pembiayaan dilakukan proses musyawarah dan berdasarkan tingkat kolektibilitas pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ayumiati, SE., M.Si Pembimbing II : Abrar Amri, SE., S.Pd.I.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis 5C dan strategi penanganan risiko berdasarkan tingkat kolektabilitas.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Hauriatul Jannah Hauria
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:55
Last Modified: 04 Oct 2019 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item
View Item