Model Pembinaan Shalat Anak Di Balai Pengajian Al-Fathan Desa Luthu Dayah Krueng Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar

Nurhidayati, 150201034 (2019) Model Pembinaan Shalat Anak Di Balai Pengajian Al-Fathan Desa Luthu Dayah Krueng Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar. Skripsi thesis, Upt. Perpustakaan.

[img]
Preview
Text (Model Pembinaan Shalat Anak Di Balai Pengajian Al-Fathan Desa Luthu Dayah Krueng Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar)
Nurhidayati, 150201034, FTK, PAI, 085358678363.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembinaan shalat sangat penting bagi anak, karena shalat yang benar akan menjadikan anak yang sholeh dan terjaga dari perbuatan keji dan mungkar. Orang tua memiliki kewajiban agar anaknya bisa shalat, baik dengan cara melatihnya sendiri dirumah maupun mengantarkannya ke tempat balai pengajian. Dengan adanya model pembinaan shalat, diharapkan anak nantinya dapat melaksanakan shalat sesuai dengan syariat dan tuntunan Rasulullah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembinaan shalat anak di balai pengajian Al-Fathan Desa Luthu Dayah Krueng, untuk mengetahui dampak penggunaan model-model tersebut dalam pembinaan shalat bagi kesadaran shalat pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan) mengumpulkan data-data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, maka ditemukan bahwa dasar penggunaan model dalam pembinaan shalat karena sebagian anak-anak susah dalam menghafal, bisa melihat langsung, lebih menjiwai, ada hal yang belum anak-anak pahami, ada hal yang salah yang anak-anak kerjakan, tujuannya agar anak didik mudah dalam memahami apa yang diajarkan, cepat mengerti, anak-anak tidak merasa bosan karena belajar sambil bermain, dan anak-anak semangat dalam belajarnya, anak-anak lebih terbuka, memberikan efek jera kepada anak didik. Dampak Penggunaan Model-model dalam pembinaan shalat bagi kesadaran shalat pada anak diantaranya anak sudah menuntaskan kewajiban shalatnya, shalat dapat mencegah kemalasan pada anak, shalat menjadikan anak teringat dengan Allah dalam seluruh aktivitasnya, shalat mencegah anak dari perbuatan keji dan munkar, dan menghadirkan kekhusyukan dalam shalat anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Mustabsyirah M. Husein, M.Ag Pembimbing 2 : Zulfatmi, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembinaan shalat Anak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhidayati Ida
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:47
Last Modified: 05 Nov 2019 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item
TOP