Putri Andriani, 291223303 (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI SMA Negeri 2 Seunagan Timur Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Putri Andriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dalam bidang pengajaran kimia menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama dalam pembelajaran kimia adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan kepada siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran khususnya materi minyak bumi gunanya untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran kimia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas, respon, dan perbedaan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi minyak bumi kelas XI SMA negeri 2 Seunagan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu pengambilan dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 seunagan Timur. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi kelas XI2 yang berjumlah 19 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas XI1 yang berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, angket dan tes. Analisis data hasil observasi dan angket menggunakan persentase (%) sedangkan data hasil belajar menggunakan uji t. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persentase hasil observasi aktivitas belajar siswa dengan nilai 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik membuktikan bahwa siswa aktif dalam pembelajaran minyak bumi. Hasil respon siswa rata-rata 88,825% termasuk kategori sangat tertarik. Sedangkan dari hasil uji statistik dengan taraf signifikan α = 0,05, di dapat nilai t tabel = 7,55 dan t hitung = 1,70 maka 7,55 > 1,70. Ha di terima dan H0 ditolak dengan rata-rata nilai pos test siswa kelas eksperimen 86,5 sedangkan rata-rata nilai pos test siswa kelas kontrol 60,37. Hal ini dapat membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 2 seunagan Timur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Amna Emda, M. Pd Pembimbing II : Mutia Farida, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick, Hasil Belajar dan Minyak Bumi |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Putri Andriani |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 03:14 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 03:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10469 |