Pesan Dakwah Melalui Telegram (Studi Pada Channel Syiar Tauhid Aceh)

Sy. Mazidah, 150401043 (2019) Pesan Dakwah Melalui Telegram (Studi Pada Channel Syiar Tauhid Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pesan Dakwah Melalui Telegram (Studi Pada Channel Syiar Tauhid Aceh)]
Preview
Text (Pesan Dakwah Melalui Telegram (Studi Pada Channel Syiar Tauhid Aceh))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pesan Dakwah Melalui Telegram (Studi Pada Channel Syiar Tauhid Aceh)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk komunikasi dakwah yang di bangun oleh pengelola grup dakwah pada Channel Syiar Tauhid Aceh dalam penyampaian pesan dakwah, materi dakwah yang lebih sering dimunculkan pada grup dakwah telegram Channel Syiar Tauhid Aceh agar tidak tertinggal dalam pesan dakwah yang disampaikan dan bentuk kendala-kendala yang dihadapi selama proses penyampaian pesan dakwah melalui telegram pada channel Syiar Tauhid Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian lapangan (file reseasch) dan kepustakaan (library research). Subjek dalam penelitian ini ialah ketuan admid 1 orang, anggota admid pada telegram Syiar Tauhid Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bentuk komunikasi dakwah yang dibangun oleh pengelola channel dakwah pada channel syiar tauhid aceh dalam penyampaian pesan dakwah terdiri dari komunikasi tanya jawab dalam hal ini pihak Channel Dakwah Syiar Tauhid Aceh menyampaikan berbagai materi pesan dakwah baik terkait pesan aqidah, maupun pesan syariat dan ahklak. Setelah pesan tersebut disampai-kan, maka pihak pendengar diberikan kesempatan untuk menyampaikan argumen mereka dalam bentuk pertanyaan. Komunikasi lainnya berupa komunikasi media massa dengan menggunakan media massa berupa tulisan, audio, vidio dan gambar-gambar. Pesan-pesan yang disampaikan Channel Dakwah Syiar Tauhid Aceh dalam menyampaikan dakwahnya memiliki tiga pesan edukasi nilai agama, yakni nilai ketaudidan, nilai syariah dan nilai-nilai Ahklak. Nilai aqidah yang dimaksud ialah nilai yang berhubungan dengan ketauhidan seperti nilai keesaan Tuhan, sifat yang wajib, mustahil dan harus bagi Tuhan.. Kendala-kendala yang dihadapi selama proses penyampaian pesan dakwah melalui telegram pada Channel Syiar Tauhid Aceh kompetensi kurang dan minimnya jumlah karyawannya. Faktor minimnya jumlah admin menjadi kendala utama dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah oleh Channel Dakwah Syiar Tauhid Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dra. Muhsinah, M,Ag, 2. Azman, S.Sos, I. M.I Kom
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Telegram, Channel Syiar Tauhid Aceh.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SY Mazidah
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:57
Last Modified: 19 Dec 2019 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10508

Actions (login required)

View Item
View Item