Murtad Dalam Pandangan Masyarakat Islam Di Malaysia(Analisa Terhadap Masyarakat Selangor Darul Ehsan)

Nik Atif Sidqi Bin Omar, 150302002 (2019) Murtad Dalam Pandangan Masyarakat Islam Di Malaysia(Analisa Terhadap Masyarakat Selangor Darul Ehsan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Murtad Dalam Pandangan Masyarakat Islam Di Malaysia(Analisa Terhadap Masyarakat Selangor Darul Ehsan)]
Preview
Text (Murtad Dalam Pandangan Masyarakat Islam Di Malaysia(Analisa Terhadap Masyarakat Selangor Darul Ehsan))
Nik Atif Sidqi Bin Omar, 150302002, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penulisan ini menganalisis pola pemikiran masyarakat Islam di Selangor terutamanya pihak Jabatan Agama Islam Selangor dalam menilai kasus-kasus pertukaran agama di Malaysia. Kemunculan beberapa kasus murtad dan pergerakan sesat yang menyimpang dari Agama Islam seperti kasus Lina Joy dan isu kalimah Allah yang menjadi kontroversi masyarakat Malaysia, khususnya terhadap masyarakat di Provinsi Selangor telah dianalisa bagi membenarkan berlakunya pertukaran agama oleh masyarakat Islam di Provinsi Selangor Darul Ehsan.
Penulisan ini bertujuan untuk menjawab dari permasalahan pokok, yaitu bagaimana pengaruh terhadap kemurtadan yang terjadi di Provinsi Selangor Darul Ehsan, bentuk penilaian terhadap kemurtadan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat di Selangor darul Ehsan, dan pandangan masyarakat Islam terhadap pelaku murtad di Provinsi Selangor. Agama disebut sebagai Agent of social change, karena munculnya hubungan antar masyarakat seringkali dikaitkan dengan keberadaan agama sebagai sebuah identitas utama dalam kahidupan. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil data primer dan sekunder. Kedua data tersebut penulis akan menganalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Penulis melakukan wawancara dan dokumentasi untuk menghasilkan data mengenai Murtad dalam Pandangan Masyarakat Islam di Malaysia yang dikhususkan kepada masyarakat Selangor Darul Ehsan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat Selangor sangat membudayakan pengaruh dan norma hidup masyarakat Inggris sehingga kurang menitikberatkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan seharian. Perkawinan sebagai faktor utama berlaku kasus murtad yang menjadi kebiasaan muallaf di Selangor yang menikah dengan berbeda budaya. Aliran-aliran sesat yang muncul membentuk sebuah komunitas ajaran yang salah sehingga difatawakan oleh Jabatan Agama Islam Selangor bahwa aliran Qadiani itu adalah murtad. Jabatan Agama Islam Selangor berusaha mengawal dan menyadarkan masyarakat terhadap kasus-kasus murtad dengan penguatkuasaan bagian khidmat kaunseling dan nasehat kepada individu yang telah membuat permohonan murtad dengan menjalani rutin program khusus yang dinamakan dengan kasus Mal dan menjadwalkan Forum didikan akidah kepada masyarakat lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Juwaini, M.Ag Pembimbing II : Hardiansyah A, S.Th.I, M.Hum
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.57 Murtad
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Mr Nik Atif Sidqi Bin Omar
Date Deposited: 20 Dec 2019 01:23
Last Modified: 20 Dec 2019 01:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item
View Item