Penerapan Model Team Games Tournament terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqh di Kelas V MIN 44 Aceh Besar

Nuriziani, 140201081 (2019) Penerapan Model Team Games Tournament terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqh di Kelas V MIN 44 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Team Games Tournament terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqh di Kelas V MIN 44 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Team Games Tournament terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqh di Kelas V MIN 44 Aceh Besar)
Nuriziani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Fiqh yang selama ini dilakukan di kelas V MIN 44 Aceh Besar belum mampu membangkitkan minat peserta didik dalam belajar, seperti semangat dan belajar, bertanya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran yang disebabkan kurang sesuainya metode pembelajaran dengan karakteristik materi sehingga peserta didik tidak tertarik terhadap materi yang diajarkan. Kejadian seperti ini diperlukan solusi yang efektif untuk mengatasinya. Belajar akan lebih berhasil bila situasinya lebih menyenangkan, maka pembelajaran pada materi Fiqh di kelas V perlu dikembangkan metode atau model mengajar yang melibatkan peserta didik untuk aktif. Penelitian ini mencoba menerapkan model Team Games Tournament, dengan rumusan masalah; 1). Bagaimana aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran Fiqh menggunakan model Team Games Tournament kelas V MIN 44 Aceh Besar? 2) Bagaimana minat belajar peserta didik terhadap model Team Games Tournament kelas V MIN 44 Aceh Besar dalam pembelajaran Fiqh?. Subjek penelitian ini adalah kelas V MIN 44 Aceh Besar menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan skala sikap. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II, dan diperoleh kesimpulan; 1). Aktivitas guru pada siklus I dan siklus II dikategorikan “baik sekali” yaitu 88,15 pada siklus I dan 94.73 pada siklus II. Adapun aktivitas peserta didik secara klasikal pada siklus I mencapai 71, dan pada siklus II meningkat mencapai 92. 2). Minat belajar peserta didik tergolong “minat peserta didik sangat tinggi” yaitu 86 pada siklus I dan meningkat hingga 100 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muzakir,S.Ag.,M.Ag. Pembimbing II : Saifullah, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Penerapan model Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuriziani Nuriziani
Date Deposited: 25 Dec 2019 10:03
Last Modified: 25 Dec 2019 10:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item
View Item