Tradisi Khanduri Laot dalam Keyakinan Teologi Masyarakat Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.

Jetri Nelva Rudina, 150301046 (2019) Tradisi Khanduri Laot dalam Keyakinan Teologi Masyarakat Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tradisi Khanduri Laot dalam Keyakinan Teologi Masyarakat Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.]
Preview
Text (Tradisi Khanduri Laot dalam Keyakinan Teologi Masyarakat Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.)
Jetri Nelva Rudina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tradisi merupakan suatu kebudayaan yang diwariskan turun-menurun dari nenek moyang zaman dahulu hingga sekarang. Khanduri laot merupakan tradisi yang telah lama dilaksanakan dan terus menjadi kegiatan rutin dari kehidupan masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya, tepatnya di Kecamatan Susoh yang berada di pesisir pantai. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pelaksanan tradisi khanduri laot di Kecamatan Susoh, dan keyakinan teologi masyarakat terhadap khanduri laot, serta manfaat tradisi khanduri laot bagi masyarakat Kecamatan Susoh. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan, menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung masyarakat di Kecamatan Susoh baik nelayan maupun warga lainnya. Selain itu juga, tehnik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan khanduri laot diawali dengan tadarus di malam hari, tahlilan, dalam hal itu masyarakat pada siang harinya juga dapat berdoa dan makan bersama kemudian penyampaian adat bagi panglima laot serta sebagian masyarakat Kecamatan Susoh melepaskan kepala kerbau ke tengah laut. Keyakinan teologis masyarakat itu sendiri pada prinsipnya masih berlandaskan ajaran syariat Islam. Khanduri laot diadakan semata-mata untuk memperoleh keridhaan dan keberkahan dari Allah SWT, karena rezeki dan keselamatan itu datangnya hanya dari Allah SWT. Khanduri laot bagi masyarakat Kecamatan Susoh merupakan sebuah perwujudan hubungan antara manusia sebagai mahkluk ciptaan-Nya dan juga lingkungan sekitarnya sebagai wujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki, keberkahan, dan keselamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Fuad Ramly, S.Ag., M.Hum Pembimbing 2 : Syarifuddin Abe, S.Ag., M.Hum
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Jetri Nelva Rudina
Date Deposited: 26 Dec 2019 05:23
Last Modified: 26 Dec 2019 05:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item
View Item