Efektivitas Model Kooferatif Tipe GI (Group Investigation) Menggunakan Media Kartu Remi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMAN 1 Kluet Utara

Nurhayati, 140208101 (2019) Efektivitas Model Kooferatif Tipe GI (Group Investigation) Menggunakan Media Kartu Remi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMAN 1 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Model Kooferatif Tipe GI (Group Investigation) Menggunakan Media Kartu Remi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia  Di  SMAN 1 Kluet Utara]
Preview
Text (Efektivitas Model Kooferatif Tipe GI (Group Investigation) Menggunakan Media Kartu Remi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMAN 1 Kluet Utara)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia pada materi ikatan kimia disebabkan rendahnya pemahaman dan penguasaan siswa. Hal ini karena proses pembelajaran masih menggunakan metode Teacher Center dan siswa kurang aktif. Sehingga dibutuhkan efektivitas model pembelajaran kooferatif tipe GI (Group Investigation) menggunakan media kartu remi pada materi ikatan kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektif atau tidak model tersebut yang dilihat dari satu indikator yaitu hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis non-randomized control group pretest-posttest menggunakan desain quasi eksperiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kluet Utara, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA3 dan X MIA2 SMAN 1 Kluet Utara sejumlah 50 orang. Data dianalisis melalui Uji homogenitas varians, Uji normalitas data, Uji kesamaan rata-rata (t-test). Hasil penelitian menunjukkan Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) menggunakan media kartu remi berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. N-Gain kelas eksperimen dengan rata-rata 0,73 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 0,62 kategori sedang dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi dengan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) menggunakan media kartu remi dan tanpa model kooperatif tipe GI (Group Investigation) menggunakan kartu remi. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh yaitu t_hitung≥t_tabel yaitu 2,61 ≥ 1,68, maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurbayani, MA Pembimbing II : Muklis, ST, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation), kartu remi, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 31 Dec 2019 03:03
Last Modified: 31 Dec 2019 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item
View Item