Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue

Reka Putriana, 140209044 (2019) Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue]
Preview
Text (Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue)
Reka Putriana, 140209044, FTK, PGMI, 085217671141.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue terlihat hasil belajar yang diperoleh oleh siswa rendah, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan belajar seperti, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung terutama tentang pemahaman teori dan konsep, siswa harus menghafalkan banyak materi yang ada, dalam proses belajar mengajar tidak ada kerja sama antara siswa di dalam setiap kelompok. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan dan cenderung bosan untuk belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah menggunakan model Cooperative Script pada tema Berbagai Pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada tema Berbagai Pekerjaan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data diperoleh dari hasil observasi, LKPD dan Soal post tes. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase sesuai dengan keberhasilan yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai (63,47%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (82,70%), dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai (62,5%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (78,9%) dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai (65,22%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (86,95%) dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui Model Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag.,M.Pd Pembimbing II : Darmiah, S.Ag.,MA
Uncontrolled Keywords: Model Cooperatif Script, Hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reka Putriana
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:37
Last Modified: 03 Jan 2020 07:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item
View Item