Upaya Pengajaran Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Kota Banda Aceh

Asril Fahmi, 211120990 (2018) Upaya Pengajaran Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Pengajaran Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Upaya Pengajaran Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Kota Banda Aceh)
Asril Fahmi, 211120990, FTK, PAI, 085277324774.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Upaya Pengajaran Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Upaya Pengajaran Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Kota Banda Aceh)
img124.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (367kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Pengajaran al-Qur’an Bagi Anak-anak di Komplek Perumahan Guru SD Desa Mibo, Banda Aceh”.Bagi santri-santri yang belum pernah belajar al-Qur’an, maka akan diajarkan dengan metode Baghdadiyah sedangkan santri-santri yang merupakan pindahan dari TPA-TPA tetap menggunakan metode Iqra’. Tujuan peneliti mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara ustadz/ustadzah menerapkan metode Baghdadiyah dan metode Iqra’ di Balai Pengajian al-Ikhlas. Metode penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada pimpinan Balai Pengajian al-Ikhlas dan seorang ustadzah. Sedangkan wawancara dilakukan kepada seorang ustadz dan seorang ustadzah yang mengajar di Balai Pengajian al-Ikhlas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan metode Baghdadiyah dan metode Iqra’ di Balai Pengajian al-Ikhlas sudah diterapkan oleh ustadz/ustadzah. Dalam proses belajar mengajar al-Qur’an baik dengan metode Baghdadiyah maupun dengan metode Iqra’ ustadz/ustadzah sangat memperhatikan makharijul huruf dan bacaan panjang pendek sehingga sering menegur para santri apabila salah dalam membaca makharijul huruf dan bacaan panjang pendek, selain itu ustadz/ustadzah sangat sabar dalam menjelaskan tentang makharijul huruf dan bacaan panjang pendek kepada para santri walaupun kemudian tetap mengulangi kesalahan yang sama. Adapun keunggulan dalam penerapan metode Baghdadiyah adalah santri lebih cepat dalam membaca al-Qur’an dengan makharijul huruf dan bacaan panjang pendek yang benar. Mengajar al-Qur’an dengan metode Baghadiyah juga dilakukan mengeja hurf-huruf hijaiyah dengan berirama sehingga enak didengar oleh para santri dan menjadi mudah untuk diingat bacaannya. Sedangkan keunggulan metode Iqra’ adalah santri menjadi lebih mudah dalam memahami tajwid dan bacaan panjang pendek tanpa harus menghafal dalam membaca Iqra’. Metode Iqra’ diajarkan dari bacaan yang mudah ke yang sulit dan juga metode ini dapat digunakan untuk semua umur, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hj. Chairan M. Nur, M.Ag 2. Drs. Bachtiar Ismail, MA
Subjects: 900 Geography and History > 907 Pendidikan, Penelitian, Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Asril Fahmi
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:13
Last Modified: 06 Jan 2020 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item
View Item