Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perjalanan Umrah (Studi Kasus Travel Umrah Di Banda Aceh)

Nadilla, 150602139 (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perjalanan Umrah (Studi Kasus Travel Umrah Di Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perjalanan Umrah (Studi Kasus Travel Umrah Di Banda Aceh)]
Preview
Text (Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perjalanan Umrah (Studi Kasus Travel Umrah Di Banda Aceh))
Nadilla, 150602139, FEBI, ES, 082395705502.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran syariah pada travel umrah di Banda Aceh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk kota Banda Aceh yang pernah melakukan perjalanan umrah dengan menggunakan travel umrah di Banda Aceh. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dipakai adalah data primer dengan cara mengedarkan langsung daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran syariah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 40,143 dengan probabilitas signifikan 0,000. Sedangkan secara parsial hanya variabel produk, harga, lokasi, manusia, proses, dan bukti fisik yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan. Hal ini dibuktikan, variabel produk dengan nilai t hitung sebesar 4,323, dan probabilitas signifikan 0,000. Variabel harga, dengan nilai t hitung sebesar 4,169, dan probabilitas signifikan 0,000. Variabel lokasi, dengan nilai t hitung sebesar – 2, 012, dan probabilitas signifikan 0,049. Variabel promosi, dengan nilai t hitung sebesar – 1,861, dan probabilitas signifikan 0,068. Variabel manusia, dengan nilai t hitung sebesar – 2,069, dengan probabilitas signifikan 0,044. Variabel proses, dengan nilai t hitung sebesar 10,096, dengan nilai probabilitas signifikan 0,000 dan variabel bukti fisik, dengan nilai t hitung sebesar 2,090, dengan probabilitas signifikan 0,042. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 82,3 %, sedangkan sisanya 17,7 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. T. Meldi Kesuma, SE., MM Pembimbing II : Fakhrurrazi, SE., MM
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, Perjalanan Umrah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.15 Haji > 2X4.154 Umrah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadilla Nadilla
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:00
Last Modified: 06 Jan 2020 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10663

Actions (login required)

View Item
View Item