Novi Liana, 260616218 (2013) Efektifitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Accelerated Learning Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII MTsS Durian Kawan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Novi Liana, 260616218, FTK, PMA, 082370970330.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Pendekatan Accelerated Learning merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan pada pentingnya keaktifan siswa dalam melibatkan seluruh pikiran dan anggota tubuh dengan segala emosi , indra, dan syaraf dalam proses pembelajaran. sehingga dengan pendekatan tersebut diharapkan dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Melalui pendekatan ini ingin dipecahkan masalah yang terjadi di MTsS Durian Kawan Kabupaten Aceh Selatan. Adapun judul dari penelitian ini adalah “Efektifitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Accelerated Learning Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII MTsS Durian Kawan". Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa serta ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran pada materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa melalui dalam pembelajaran pada materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning”. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat pre-Eksperimen. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa MTsS Durian Kawan yang berjumlah 28 siswa. Instrument pengumpulan data berupa lembar observasi kegitan guru, lembar observasi kegiatan siswa, angket dan juga soal tes yang berbentuk uraian. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan anilisis deskriptif (persentase). Selanjutnya data dianalisis berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di MTsS Durian Kawan Kabupaten Aceh Selatan yaitu 60. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil tes akhir yang menunjukkan bahwa 42,9% peserta didik tuntas dan sebanyak 57,1% siswa tidak tuntas. Sedangkan kemapuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dan aktivitas siswa selama pembelajaran juga pada kategori baik serta respon siswa adalah positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi lingkaran di kelas VIIIa MTsS Durian Kawan Kabupaten Aceh Selatan dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing : 1. Nuralam, M. Pd 2. Budi Azhari, M. Pd |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Novi Liana |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 04:11 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 04:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10668 |