Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar

Muhammad Haekal, 140211039 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan   Model   Pembelajaran   Group    Investigation   untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar)
Muhammad Haekal, 140211039, FTK, PTE, 085270098096.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini di latarbelakangi oleh tempat sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat peserta didik tidak mampu meningkatkan motivasi belajar dengan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Instalasi penerangan listrik di kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang menggunakan kelompok, dimana kelompok tersebut terbentuk sesuai dengan materi yang di pilih oleh peserta didik. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Teknik Instalasi Tenaga listrik pada SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan one group pre-test post-test dan angket. Pengumpulan data menggunakan uji normalitas dan uji sample t-test dengan softwere SPSS. Berdasarkan analisis data yang dilakukan terhadap peserta didik menggunakan pre-test dan post-test memiliki nilai rata-ratanya berbeda, pada test-pre test 58.88 % dan post-test 80.00 %, berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji normalitas bahwa nilai signifikat > 0.05 sehingga penelitian ini dapat dinyatakan telah berdistribusi normal, pada presentase data angket menunjukkan bahwa setiap butir soal peserta didik berdominan merespon dengan respon positif 93 % sedangkan respon negatif sebanyak 7 %, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation layak diterapkan di kelas X pada SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag, M. Ag. Pembimbing II : Sriwahyuni, ST. MT
Uncontrolled Keywords: group investigation ,motivasi belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Muhammad Haekal
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:29
Last Modified: 07 Jan 2020 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item
View Item