Pengendalian Air Lindi Pada Proses Penutupan TPA Gampong Jawa, Kota Banda Aceh Terhadap Kualitas Air Sumur

M Akbar Ardiansyah Hasibuan, 140702010 (2019) Pengendalian Air Lindi Pada Proses Penutupan TPA Gampong Jawa, Kota Banda Aceh Terhadap Kualitas Air Sumur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan Pengendalian Air Sumur)
M Akbar Ardiansyah Hasibuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

TPA Gampong Jawa merupakan tempat pemrosesan akhir sampah yang berada di Kota Banda Aceh dengan luas lahan ± 21 Ha. TPA Gampong Jawa menerapkan sistem operasi secara sanitary landfill. Pencemaran lingkungan dari air lindi berpotensi memberikan dampak negatif terhadap kualitas air sumur yang berada disekitar TPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lama umur operasional TPA Gampong Jawa dengan upaya reduksi sampah, mengetahui unit apa saja yang harus diperhatikan dalam penutupan TPA, mengetahui pengaruh air lindi terhadap kualitas air sumur serta mengetahui potensi pemanfaatan TPA kedepannya. Analisis dilakukan dengan mengkaitkan kondisi eksisting sesuai dengan PermenPU No.3/PRT/M/2013, sedangkan untuk nilai Index Pollution (IP) dianalisis berdasarkan KepmenLH No.115 Tahun 2003 dengan mengambil sampling air sumur berjumlah 4 titik yang jaraknya berbeda-beda. Umur operasional TPA Gampong Jawa dengan upaya reduksi sampah (asumsi reduksi sampah 12%) dapat diperpanjang hingga tahun 2026 bulan April hari ke-30 dengan volume sampah 1.603.481 m3 dan asumsi pertumbuhan penduduk berjumlah 301.908 jiwa. Penutupan TPA harus memperhatikan fasilitas seperti tanah penutup, drainse, pengendalian air lindi, unit penangkap gas dan pengontrolan terhadap kebakaran dan bau. Nilai IP untuk sumur 1 TPA Gampong Jawa sebesar 5,25 dan sumur 2 TPA Gampong Jawa sebesar 5,39 keduanya masuk dalam kategori cemar sedang, untuk air sumur 1 rumah penduduk memiliki nilai IP sebesar 4,39 dan sumur 2 rumah penduduk memiliki nilai IP sebesar 3,43 yang keduanya masuk dalam kategori cemar ringan. Pemanfaatan TPA Gampong Jawa dapat dijadikan sebagai taman rekreasi, taman baca, taman edukasi pengelolaan sampah, sarana olahraga dan sebagai unit pengolahan biogas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Yeggi Darnas, S.T., M.T 2. Adian Aristia Anas, S.T., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), Air Lindi, Index Pollution (IP), Pengendalian
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: M Akbar Ardiansyah Hasibuan
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:03
Last Modified: 20 Jan 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item
TOP