Strategi Pengelolaan Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di SD Negeri 72 Banda Aceh

Erizal, 140206140 (2019) Strategi Pengelolaan Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di SD Negeri 72 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan  Prasarana]
Preview
Text (Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana)
ERIZAL,140206140, FTK, MPI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan kedudukan yang sangat strategis dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Strategi kepala sekolah sangat berpengaruh dalam mengelola sarana dan prasarana untuk kelancaran kegiatan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kondisi sarana dan prasarana di SD Negeri 72 Banda Aceh, pemeliharaan sarana dan prasarana di SD Negeri 72 Banda Aceh, hambatan dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SD Negeri 72 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan waka bidang sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana pada SD Negeri 72 Banda Aceh sudah merawat dengan baik walaupun sarana dan prasarana belum memadai. Kondisi sarana dan prasarana sudah cukup baik untuk sekolah yang baru didirikan selama 2 tahun hanya saja butuh pengadaan untuk memenuhi standar nasional di bidang sarana dan prasarana. Pemeliharaan sarana dan prasarana SD Negeri 72 Banda Aceh mulai dari perencanaan, pelaksanaan, anggaran, dan evaluasi terlaksana dengan baik walaupun gurunya terbatas tapi guru-guru berpartisipasi dalam melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana SD Negeri 72 Banda Aceh. Hambatan dalam mengelola sarana dan prasarana di SD Negeri 72 Banda Aceh yaitu, pertamakurangnya tenaga kependidikan, kedua kurangnya dana untuk melakukan pengadaan sarana dan prasarana. Upaya dalam melakukan pemecahan masalah mengenai kurangnya tenaga kependidikan adalah membimbing guru dengan cara mengikutsertakan pelatihan, sedangkan masalah anggaran mengoptimalkan keterbatasan untuk lebih jeli memilih skala prioritas sesuai dengan anggaran yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Syabuddin Gade , M.Ag 2. Dra. Jamaliah Hasballah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Sarana dan Prasarana
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Erizal
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:02
Last Modified: 21 Jan 2020 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item
View Item