Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Di SMAN 5 Aceh Barat Daya

Nuri Samsukma, 140204007 (2019) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Di SMAN 5 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkat Hasil Belajar]
Preview
Text (Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkat Hasil Belajar)
Nuri Samsukma, 140204007, FTK, PFS, 081260403926.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang bagus dan sesuai dapat menunjukan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan respon kreativitas peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimen yang dilakukan di SMAN 5 Aceh Barat Daya yang melibatkan peserta didik kelas X MIA-2 yang berjumlah 22 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket dengan skala likert. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan kreativitas peserta didik menggunakan analisis persentase. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,82 > 1,72 untuk taraf signifikan α = 0,05 sehingga hipotesis ditolak dan diterima. Dengan nilai N-Gain rata-rata 0,84. Persentase kreativitas peserta didik: 78% peserta didik dengan kreativitas yang cukup tinggi dan 23% Peserta didik dengan kreativitas yang cukup rendah rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya peningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learning. Kreativitas peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learning juga cukup tinggi. Aktivitas guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berjalan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Ida Meutiawati, M.Pd 2. Mukhlis , ST, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kreativitas
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nuri Samsukma
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:26
Last Modified: 21 Jan 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item
View Item