Efektifitas Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII MTsN Blangpidie

Yenni Farnila, 261222922 (2016) Efektifitas Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII MTsN Blangpidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang strategi pembelajaran Peer Lesson.)
Yenni Farnila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terlaksana di MTsN Blangpidie masih terpusat pada guru. Ketika proses pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang malas bertanya kepada gurunya terhadap materi yang belum dipahami, hal ini menyebabkan siswa tidak mampu menjawab soal-soal yang diberikan oleh gurunya. Oleh karena itu peneliti mengangkat judul dalam penelitian ini tentang Efektifitas Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar, dengan pertanyaan penelitian (1) Apakah penerapan strategi pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN Blangpidie, (2) Apakah penguasaan konsep bangun ruang sisi datar yang diajarkan kepada siswa dengan pembelajaran peer lesson lebih baik dari pembelajaran konvensional, (3) Apakah strategi pembelajaran peer lesson efektif diterapkan pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN Blangpidie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar dikelas VIII MTsN Blangpidie dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lesson, untuk mengetahui perbandingan penguasaan konsep bangun ruang sisi datar yang diajarkan kepada siswa melalui pembelajaran peer lesson dengan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran peer lesson yang diterapkan pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN Blangpidie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan strategi pembelajaran peer lesson sementara kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran langsung. Data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman konsep bangun ruang sisi datar yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lesson di kelas eksperimen mengalami peningkatan. (2) perbandingan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran peer lesson lebih baik daripada pemahaman konsep bangun ruang sisi datar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung. (3) Ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan, akivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap pertemuan berada pada kategori baik dan sangat baik, aktivitas siswa selama pembelajaran sudah terlaksana dengan efektif, dan respon siswa terhadap strategi pembelajaran peer lesson adalah positif. Dengan demikian strategi pembelajaran peer lesson efektif digunakan untuk materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII MTsN Blangpidie

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M. Pd; NIP. 197105152003121005; 2. Kamarullah, M. Pd; NIP. 197606222000121002
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Pemahaman Konsep
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 08:52
Last Modified: 06 Oct 2017 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item
TOP