Analisis Soal Ujian Akhir Semester Buatan Guru Biologi Kelas XI IPA Semester Genap Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Menggunakan Aplikasi Anates Versi 4.09

Lisa Aulia Fitri, 150207008 (2019) Analisis Soal Ujian Akhir Semester Buatan Guru Biologi Kelas XI IPA Semester Genap Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Menggunakan Aplikasi Anates Versi 4.09. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Soal Ujian Akhir Semester Buatan Guru Biologi Kelas XI IPA Semester Genap Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Menggunakan Aplikasi Anates Versi 4.09]
Preview
Text (Analisis Soal Ujian Akhir Semester Buatan Guru Biologi Kelas XI IPA Semester Genap Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Menggunakan Aplikasi Anates Versi 4.09)
Lisa Aulia Fitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Evaluasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur proses belajar mengajar peserta didik. Soal ujian yang digunakan sebagai alat ukur harus mampu memberikan informasi yang akurat terhadap kemampuan peserta didik. Namun guru di SMAN 1 Kuta Cot Glie masih kesulitan dalam menganalisis soal dikarenakan banyaknya rumus yang digunakan serta membutuhkan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Biologi yang dibuat guru biologi di SMAN 1 Kuta Cot Glie. Penelitian ini bersifat evaluatif dengan menggunakan teknik analisis isi kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi ANATES versi 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis soal pilihan ganda 25 butir soal menunjukkan valid sejumlah 7 soal (28%). Sedangkan untuk soal uraian sebanyak 5 butir menunjukkan hasil valid sejumlah 3 soal (60%). Reliabilitas soal pilihan ganda memiliki interpretasi rendah sebesar 0,36 dan untuk soal uraian sebesar 0,72 memiliki interpretasi tinggi. Tingkat kesukaran, sebanyak 2 soal (8%) termasuk kategori sangat mudah, 3 soal (12%) termasuk kategori mudah, 8 soal (32%) termasuk kategori sedang. Sedangkan untuk soal uraian sebanyak 3 soal (60%) termasuk kategori sedang. Sebanyak 5 soal (20%) memiliki daya pembeda baik dan 1 soal (4%) memiliki daya pembeda sangat baik. Sedangkan untuk soal uraian sebanyak 2 soal (40%) memiliki daya pembeda cukup, 1 soal (20%) memiliki daya pembeda baik dan 2 soal (20%) memiliki daya pembeda baik sekali. Sebanyak 8 soal (32%) memiliki efektifitas pengecoh sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed. St 2. Eva Nauli Taib, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.382 Administrasi Manajemen > 2X7.3826 Evaluasi dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Lisa Aulia Fitri
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:20
Last Modified: 24 Jan 2020 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item
View Item