Penerapan Media Komik Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 4 Banda Aceh

Eva Yuliana, 281223134 (2018) Penerapan Media Komik Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Materi Pendidikan Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Materi Pendidikan Siswa)
Eva Yuliana, 281223134, FTK, PBL, 085294437226.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA Terpadu di MTsN 4 Banda Aceh disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media komik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global dengan menggunakan media komik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Banda Aceh yang berjumlah 5 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 dan VII5. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen tergolong sangat aktif yaitu 82,5%, sedangkan aktivitas siswa di kelas kontrol tergolong aktif yaitu 68,12%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (2,28>1,67) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media komik pada materi pemanasan global untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 4 Banda Aceh berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, M. Pd ; 2. Muslich Hidayat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pemanasan Global
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Eva Yuliana
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:07
Last Modified: 31 Jan 2020 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item
View Item