Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah)

Nurul Fadli, 140802010 (2019) Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah)]
Preview
Text (Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah))
Nurul Fadli, 140802010, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah). Sekolah memiliki tugas untuk mengelola keuangan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sehingga uang yang beredar dapat dimanfaatkan secara optimal. Pengelolaan keuangan sekolah didasari pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan yaitu prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik dalam proses dalam pengelolaan keuangan di Sekolah SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah yang meliputi perencanaan, dan realisasi anggaran diduga belum sepenuhnya dilakukan berdasarkan prinsip pengelolaan keuangan sekolah yang meliputi keadilan dan efisiensi. Untuk mengetahui perencanaan penyusunan dalam realisasi anggaran keuangan serta faktor pendukung dan penghambat pengelolaan dana BOS SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah maka metode ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data menggunakan teknik lapangan dan kepustakaan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan keuangan sekolah di SMA Negeri 1 Bandar juga dilakukan Perencanaan pengelolaan dana BOS sekolah SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2017-2018 diawali dengan proses penyusunan RKAS dan penyusunan RAB serta pelaksanaan penggunaan dan terakhir dilakukan pembukuan. Realisasi pengelolaan dana BOS sekolah juga telah sesuai dengan prinsip-prinsip seperti yang dimaksudkan dalam Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 pasal 59. Faktor pendukung pengelolaan dana BOS sekolah SMA Negeri 1 Bandar adalah besarnya dukungan dari wali murid, dewan guru dan kepala sekolah di sekolah SMA Negeri 1 Bandar terhadap realisasi pengelolaan dana BOS dan dana iuran komite di sekolah SMA Negeri 1 Bandar tahun pelajaran 2017-2018. Sedangkan Faktor penghambat kurangnya dana BOS yang anggarkan terhadap sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Inayatillah, M.Ag., 2. Muazzinah, B. Sc. MP,
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Keuangan Sekolah, SMA Negeri 1 Bandar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nurul Fadli
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:32
Last Modified: 13 Feb 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item
View Item