Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, And Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis Di Kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah

Juli Mardiah Susanti, 150204073 (2019) Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, And Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis Di Kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, And Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis Di Kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, And Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis Di Kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah)
Juli Mardiah Susanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi Tekanan Hidrostatis di SMA Negeri I Unggul Darul Imarah ditemukan bahwa proses pembelajaran hanya memfokuskan pada aspek kognitif saja dan belum memfokuskan bagaimana melatih proses berpikir siswa secara sains. Pembelajaran fisika sering dilakukan secara langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke siswa (Teacher Oriented). Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah melalui pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis di kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design, yang melibatkan kelas kontrol XI IPA 3 yang terdiri dari 30 siswa/i dan kelas eksperimen XI IPA 1 yang terdiri dari 32 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian dari Wilcoxon Sign Rank Test menunjukan bahwa Zhitung > Ztabel yaitu -0,07 > 434 untuk taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05. Sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat adanya peningkatan empat dari enam indikator yang meningkat pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Soewarno, M.Si Pembimbing II : Fera Annisa, M,Sc
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SETS, Hasil Belajar, Tekanan Hidrostatis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Juli Mardiah Susanti
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:13
Last Modified: 05 Feb 2020 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item
View Item