Implementasi Komunikasi Pada Sanggar Seni Seulaweuet Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Rahmat Kurniawan, 411206582 (2019) Implementasi Komunikasi Pada Sanggar Seni Seulaweuet Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Komunikasi Pada Sanggar Seni Seulaweuet Mahasiswa UIN Ar-Raniry]
Preview
Text (Implementasi Komunikasi Pada Sanggar Seni Seulaweuet Mahasiswa UIN Ar-Raniry)
Rahmat Kurniawan, 411206582, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Implementasi Komunikasi Pada Sanggar Seni Seulaweuet Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi organisasi pada sanggar seni seulawaeut UIN Ar-Raniry, untuk mengetahui bentuk komunikasi organisasi sanggar seni Seulawet UIN Ar-Raniry, serta untuk mengetahui faktor peluang dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan komunikasi organisasi pada sanggar seni seulawaeut UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pada Sanggar Seni Seulaweuet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan komunikasi organisasi pada sanggar seni seulaweuet UIN Ar-Raniry dilakukan setiap saat, baik komunikasi dalam kegiatan formal seperti rapat kegiatan maupun tanpa kegiatan sama sekali, seperti berdiskusi kecil-kecilan artinya tanpa membuat suatu perencanaan yang akan dilakukan dan dalam bentuk obrolan santai, hal ini dianggap penting guna meningkatkan hubungan emosional sesama anggota dengan pinpinan dan juga hubungan emosional dengan anggota yang baru bergabung. Adapun bentuk komunikasi organisasi Sanggar Seni Seulaweuet yaitu komunikasi verbal dan non verbal, yaitu pengurus selalu melakukan percakapan dengan mengunakan kata-kata yang baik dan sopan, Hal ini dibarengi dengan menggunakan metode komunikasi kekeluargaan dan menghargai senioritas. Selain itu, pengurus juga menggunakan komunikasi vertikal dan kommunikasi horoizontal, yaitu komunikasi antara atasan dengan bawahan begitu juga sebaliknya dan komunikasi sesama anggota. Selain itu juga menggukan komunikasi internal dan komunikasi eksternal, yaitu komunikasi yang dilakukan dalam tubuh organisasi, juga komunikasi dengan lembaga diluar. Yang menjadi peluang dan kendala ialah sangat komplek seperti halnya peluang, salah satu peluang yang anggap sangat baik adalah motivasi pengurus untuk melakukan silaturrahmi yang baik, dan rasa ingin tau tentang pergerakan Sanggar Seni Seulaweuet dan keaktifan yang ditunjukkan oleh anggota, baik anggota baru maupun anggota lama sehingga meningkat keeksitensian Sanggar Seni Seulaweuet, Namun, ada kendala juga yang dihadapi yaitu beragamnya asal usul pengurus baik yang berasal dari susku gayo, suku minang dan sebagainya yang pada dasarnya pengurus tersebut tidak bisa berbahasa Aceh sehingga dalam proses komunikasi dia nggap sedikit terkendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Muhsinah, M.Ag 2. Asmaunizar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi Komunikasi, Sanggar Seni Seulaweuet.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmat Kurniawan
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:26
Last Modified: 10 Feb 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10968

Actions (login required)

View Item
View Item