Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Problem Posing pada Peserta Didik SMP

Fawi Jarmi, 150205094 (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Problem Posing pada Peserta Didik SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Problem Posing pada Peserta Didik SMP]
Preview
Text (Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Problem Posing pada Peserta Didik SMP)
Fawi Jarmi, 150205094, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Untuk hal itu perlu mengupayakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran pendekatan problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep peserta didik menggunakan pembelajaran pendekatan problem posing dengan kemampuan pemahaman konsep menggunakan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing. Rancangan penelitiannya quasi eksperimen dengan desain pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam dengan sampel kelas VIIIA Sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis, sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh menggunakan pengolahan satistik uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,18 > 2,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan problem posing lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dikategorikan sangat baik. Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih dominan dibandingkan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dan aktivitas peserta didik pada setiap aspek pengamatan sudah pada batas toleransi dari waktu ideal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing II : Vina Apriliani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendekatan Problem Posing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fawi Jarmi
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:27
Last Modified: 18 Feb 2020 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item
View Item