Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana di MTsN 1 Pidie Jaya

Roselli Karmelia, 150204091 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana di MTsN 1 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana di MTsN 1 Pidie Jaya]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana di MTsN 1 Pidie Jaya)
Roselli Karmelia, 150204091, FTK, PFS, 082372879941.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPA Fisika khususnya materi Pesawat Sedehana di MTsN 1 Pidie Jaya, di temukan bahwa metode guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajaran cenderung monoton karena satu arah, keaktifan di kelas rendah karena kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Implementasi model Make-a Match dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran karena akan melakukan diskusi kelompok dan juga permainan mencari kartu pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-a Match pada bidang studi IPA materi Pesawat Sederhana di MTsN 1 Pidie Jaya. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperiment yang melibatkan kelas eksperimen VIII1 yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas kontrol VIII4 yang berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan t_hitung > t_tabel yaitu 4,19 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05 Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-a Match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil post-test adalah 75,72 dengan jumlah mencapai KKM sebanyak 14 orang peserta didik. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata hasil Post-test adalah 66,39 dengan jumlah mencapai KKM sebanyak 6 orang peserta didik. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make-a Match pada materi Pesawat Sederhana menunjukkan hasil positif dan dapat membuat lebih aktif dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Make a Match, hasil belajar, Pesawat Sederhana
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Roselli Karmelia
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:35
Last Modified: 21 Feb 2020 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item
View Item