Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Di SMKN 1 Al Mubarkeya

Rina Ridara, 150213068 (2019) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Di SMKN 1 Al Mubarkeya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membantu     Siswa Menentukan Pilihan   Jurusan Di SMKN 1 Al Mubarkeya]
Preview
Text (Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Di SMKN 1 Al Mubarkeya)
Rina Ridara, 150213068, FTK, BK, 082363053293.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemilihan jurusan adalah awal pemilihan karir masa depan siswa, dengan adanya pemilihan jurusan siswa lebih terarah dan dapat menerima pelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penentuan pemilihan jurusan yang ada di SMKN 1 Al Mubarkeya. 2) Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam membantu siswa menentukan pilihan jurusan di SMKN 1 Al Mubarkeya. 3) Apa saja hambatan siswa dalam menentukan pilihan jurusan di SMKN 1 Al Mubarkeya. 4) Bagaimana Strategi guru bimbingan konseling dalam membantu siswa menentukan pilihan jurusan di SMKN 1 Al Mubarkeya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif, yang mengunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui trianggulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 5 siswa, yang diambil dengan cara sampling Purposive dengan kriteria tertentu dari berbagai jurusan kelas XI dan 3 guru bimbingan konseling. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) pada saat proses penentuan jurusan guru bimbingan konseling hanya melakukan wawancara saja kepada siswa dan guru bimbingan konseling tidak ikut serta dalam menentuan penjurusan siswa. 2) guru bimbingan konseling tidak berperan aktif dikarenakan guru bimbingan konseling tidak ikut serta dalam mengambilan keputusan akhir. 3) Hambatan siswa dalam menentukan pilihan jurusan di SMKN 1 Al Muberkeya karena orang tua, ikut teman dan kepopuleran terhadap suatu jurusan . 4) Strategi guru bimbingan konseling dalam membantu siswa menentukan pilihan jurusan melakukan konseling individual pada siswa kemudian mengkoloborasi dengan stakeholder sekolah terkait masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hj. Chairan M. Nur, M. Ag. Pembimbing II : Muslima. S. Ag., M. Ed.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan konseling, pilihan jurusan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ms. RINA RIDARA
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:59
Last Modified: 25 Feb 2020 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item
View Item