Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di MAN 6 Aceh Besar.

Chairatil Munawarah, 150208041 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Hasil     Belajar  Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di MAN 6 Aceh Besar.]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di MAN 6 Aceh Besar.)
Chairatil Munawarah, 150208041, FTK, PKM, 082369491524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia di MAN 6 Aceh Besar, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia masih belum memuaskan karena masih ada siswa yang nilainya di bawah KKM yaitu 70. Salah satu penyebabnya adalah siswa tidak berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia?; (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia?. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan bentuk desain one group pre-test posttest yang dilaksanakan di kelas X MIA 2 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket respon. Hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain dan Uji t Paired Samples Test, sedangkan pada angket respon menggunakan persentase nilai respon. Hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata 0,73 yakni termasuk kategori tinggi dan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil persentase respon siswa yaitu 77,20% yang menjawab ya dan 22,80% yang menjawab tidak hal tersebut mengindikasikan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran POE adalah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda. M.Pd Pembimbing II : Mutia Farida, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Chairatil Munawarah
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:02
Last Modified: 13 Mar 2020 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11124

Actions (login required)

View Item
View Item