Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III MIS Lamgugob Banda Aceh

Rahmaya Anjelita, 150209063 (2019) Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III MIS Lamgugob Banda Aceh)
Rahmaya Anjelita, 150209063, FTK, PGMI, 082167777610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Materi pecahan merupakan salah satu materi dari pelajaran matematika yang dipelajari di kelas III SD/MI. Materi pecahan merupakan konsep dasar yang materinya berkelanjutan dalam matematika. Oleh karena itu siswa harus paham konsep dasar pecahan untuk memahami materi selanjutnya. Melalui pemahaman konsep siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep, kemudian dapat mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dan dapat mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang sulit untuk memahami konsep yang telah dipelajari, sehingga ketika diberikan masalah, siswa tidak bisa memecahkannya. Oleh karena itu, kemampuan pemahaman konsep perlu diperbaiki, salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa adalah dengan menggunakan alat peraga blok pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan penggunaan alat peraga blok pecahan pada materi pecahan kelas III MIS Lamgugob Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-B MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 32 orang, teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes sedangkan teknis analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 64,32%, pada siklus II meningkat menjadi 78,90% dan pada siklus III meningkat menjadi 90,88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas III-B MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nida Jarmita S.Pd.I., M.Pd. Pembimbing II : Zikra Hayati S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Blok Pecahan, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmaya Anjelita
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:00
Last Modified: 06 Mar 2020 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item
View Item