Safarina, 140205016 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTsN 6 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Safarina, 140205016, FTK, PMA, 082322466414.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB) | Preview
Abstract
Kemampuan penalaran matematis siswa merupakan salah satu kemampuan matematis yang dituntut kurikulum dan NCTM, namun kemampuan tersebut masih kurang dimiliki oleh siswa. Hal ini terlihat dari hasil PISA dan TIMSS yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa. Model pembelajaran Think-Pair-Sharediduga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Think-Pair-Share (TPS) dan dengan pembelajaran konvensional pada siswa MTsN 6 Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 6 Pidie dengan sampel penelitian terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran matematis dan data dianalisis menggunakan uji-t (Independent Sample T-test) dan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa MTsN 6 kelas VIII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model Think-Pair-Sharedi MTsN 6 Pidie untuk setiap indikator: 1)menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram meningkat sebesar 25%; 2) mengajukan dugaan meningkat sebesar 44,44%; 3) melakukan manipulasi meningkat sebesar 55%; 4) menyusun bukti, memberikan alasan/bukti terhadap kebenaran meningkat sebesar 44,44%; 5) menarik kesimpulan dari meningkat sebesar 75%; 6) memeriksa kesahihan suatu meningkat sebesar61,11%; dan 7) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat meningkat sebesar 83,34%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Think-Pair-Share, Kemampuan PenalaranMatematis |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Safarina Safarina |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 04:40 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:40 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11249 |