Penerapan Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTsN 6 Aceh Tengah

Isma Andayani, 140201146 (2020) Penerapan Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTsN 6 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTsN 6 Aceh Tengah]
Preview
Text (Penerapan Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTsN 6 Aceh Tengah)
Isma Andrayani, 140201146, FTK, PAI, 082272842441.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Akidah Akhlak di MTsN 6 Aceh Tengah yang masih didominasi oleh metode konvensional, hal ini menyebabkan sedikitnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. implikasinya sebagian besar peserta didik terutama yang memiliki kemampuan rendah enggan berpikir, sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan berimplikasi pada nilai atau hasil belajar. Melalui penerapan sosiodrama, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre-test post-test design, dengan melibatkan 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Kemudian data dan hasil uji statistik dianalisis dengan SPSS 20,0 For Windows. Hasil uji statistik ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 15,651 > 1,729 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model sosiodrama pada pembelajaran aqidah Akhlak di MTsN 6 Aceh Tengah tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil observasi, memperoleh skor 252 dengan jumlah rata-rata skor 78,75% dengan kriteria baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model sosiodrama dapat meningkatkan kegiatan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M. Pd Pembimbing II : Realita, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Sosiodrama, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isma Andayani
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:06
Last Modified: 09 Mar 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item
View Item