Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI Di SMAN 1 Darul Imarah

Challisni, 150204096 (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI Di SMAN 1 Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI Di SMAN 1 Darul Imarah]
Preview
Text (Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI Di SMAN 1 Darul Imarah)
Challisni, 150204096, FTK, PFS, 082311135374.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidik harus mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang ingin diajarkan, sehingga peserta didik dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang kurang mampu menunjukkan aktivitas belajar, yang diperoleh tidak mencapai target yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dengan menerapka model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 2 yang berjumlah 31 orang, dan XI IPA 3 dengan jumlah yang sama di SMAN 1 Darul Imarah tahun ajaran 2019/2020. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Tekhnik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Kriteria penilaian keaktifan adalah 75 %. Hasil peningkatan keaktifan yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 2,28%, sedangkan pada kelas kontrol peningkatan keaktifan yang diperoleh 5,08%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan dan peserta didik sangat tertarik pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ridhwan, M.Pd Pembimbing II : Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Keaktifan, Elastisitas dan Hukum Hooke
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Challisni Challisni
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:41
Last Modified: 11 Mar 2020 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item
View Item