Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Sigli

Zakiatun Nufus, 150208028 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Sigli]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Sigli)
Zakiatun Nufus, 150208028, FTK, PKM, 082368242106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering) adalah model pembelajaran yang dapat membantu guru untuk menanamkan konsep pada siswa. Rendahnya nilai pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Sigli pada materi ikatan kimia disebabkan oleh siswa cenderung kesulitan untuk menggambar struktur lewis dan kesulitan dalam memahami berbagai jenis ikatan kimia. Permasalahan yang dialami siswa pada materi ikatan kimia adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Sigli dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran REACT pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Sigli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket. Hasil analisis data diperoleh hasil uji t paired menggunakan SPSS diperoleh nilai sig adalah 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil respon siswa sangat tertarik dengan proses pembelajaran menggunakan model REACT dengan persentase rata-rata 93% siswa memilih ya. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Mutia Farida, M.Si
Uncontrolled Keywords: REACT, Hasil Belajar Siswa, dan Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Zakiatun Nufus
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:48
Last Modified: 11 Mar 2020 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item
View Item