Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 2 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya

Zaika Rusadi, 150206002 (2019) Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 2 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 2 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya]
Preview
Text (Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 2 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)
Zaika Rusadi, 150206002, FTK, MPI, 085261382366.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi bahan pembicaraan yang sangat trending di era globalisasi saat ini, dimana penddikan di Indonesia khususnya aceh berada pada peringkat 32 dari 34 provinsi yang ada di indonesia, karenanya supervisi/pengawasan kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di indonesia khususnya Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui teknik supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri 2 Simpang Peut Kuala Nagan Raya, untuk mengetahui tugas pokok supervisi kepala sekolah dalam mengawasi perkembangan mutu pembelajaran di SD Negeri 2 Simpang Peut Kuala Nagan Raya, untuk mengetahui kendala supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri 2 Simpang Peut Kuala Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian di sini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan wali kelas di SD Negeri 2 Simpang Peut Kuala Nagan Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang digunakan sudah tepat yaitu mengunakan teknik sesuai situasi dan kondisi. Tugas pokok kepala sekolah dalam mengawasi peningkatan mutu pembelajaran sudah optimal. Kepala sekolah sudah mampu memposisikan diri sebagai leader, administrator, educator, manager, innovator dan motivator. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu adalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ismail Anshari, MA. Pembimbing II : Dr. Sri Rahmi,MA.
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zaika Rusadi
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:09
Last Modified: 12 Mar 2020 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item
View Item