Keragaman Serangga Tanah di Kawasan Bekas Penampungan Limbah Merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya

Cut Nadia Rahmi, 150703016 (2019) Keragaman Serangga Tanah di Kawasan Bekas Penampungan Limbah Merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keragaman Serangga Tanah di Kawasan Bekas  Penampungan Limbah Merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya]
Preview
Text (Keragaman Serangga Tanah di Kawasan Bekas Penampungan Limbah Merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya)
Cut Nadia Rahmi, 150703016, FST, BIO, 082364570284.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberadaan dan kepadatan populasi suatu jenis serangga tanah di suatu daerah sangat ditentukan oleh daerah tersebut. Keragaman serangga tanah akan tinggi apabila berada pada lingkungan yang optimum. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2019 di 6 (enam) lokasi pada kawasan bekas penampungan limbah merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi jenis serangga tanah dan mengetahui indeks keragaman serangga tanah di kawasan bekas penampungan limbah merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya. Proses identifikasi serangga tanah dilakukan di Laboratorium Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry. Metode yang digunanakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pengambilan sampel dlakukan dengan menggunakan perangkap jebakan pitfalltrap. Serangga tanah yang ditemukan pada lokasi penelitian terdiri dari 5 ordo, 7 famili, 23 spesies dan 710 individu. Indeks keragaman serangga tanah pada kawasan bekas penampungan limbah merkuri Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya digolongkan kedalam kategori sedang dengan nilai Ĥ = 2.4019. Pengukuran kadar merkuri dalam tanah pada kawasan penelitian telah melampaui batas ambang konsentrasi krisis dengan nilai rata-rata 0.3316 mg/kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhibuddin, M.Ag. Pembimbing II : Rizky Ahadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keragaman, Serangga tanah, Desa Ligan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Nadia Rahmi
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:24
Last Modified: 24 Jul 2020 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item
View Item