Pengaruh Smartphone Terhadap Degradasi Moral Remaja di Mukim Jruek Kecamatan Indrapuri Aceh Besar

Puja Khairunnisa, 150201126 (2019) Pengaruh Smartphone Terhadap Degradasi Moral Remaja di Mukim Jruek Kecamatan Indrapuri Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Smartphone Terhadap Degradasi Moral Remaja di  Mukim Jruek Kecamatan Indrapuri Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Smartphone Terhadap Degradasi Moral Remaja di Mukim Jruek Kecamatan Indrapuri Aceh Besar)
Puja Khairunnisa, 150201126, FTK, PAI, 082369001230.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Degradasi moral merupakan fenomena yang sangat menghawatirkan di era globalisasi ini. Salah satu penyebab terjadinya degradasi moral ialah perkembangan smartphone yang sangat pesat dikalangan remaja, adapun dampak degradasi moral yang terjadi pada kalangan remaja di Mukim Jruek Kecamatan Indrapuri, ialah banyaknya remaja yang terseret arus pergaulan bebas, seperti: merokok, pacaran dan gamer. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peran orang tua dalam mendidik dan mengawasi remaja terhadap penggunaan smartphone?, bagaimana kecenderungan penggunaan smartphone terhadap degradasi moral remaja?, bagaimana cara menanggulangi degradasi moral pada remaja yang diakibatkan oleh penggunaan smartphone?. Penelitian ini menggunakan analisis naturalistik dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dampak dari penggunaan smartphone pada remaja di Mukim Jruek, dengan keseluruhan sampel sebanyak 20 orang antara lain: sebanyak 95% remaja di Mukim Jruek lebih cepat dewasa pada umurnya, 65% remaja cenderung bermain game tampa kenal waktu yang menyebabkan remaja di Mukim Jruek lalai dalam belajar bahkan melewatkan waktu shalat, serta 85% timbulnya sifat introvert pada diri remaja, adapun strategi dalam mencegah dampak degradasi moral yang telah dilakukan oleh aparatur Mukim yaitu: mengadakan kegiatan-kegiatan sosial dalam masyarakat, seperti mengadakan kajian-kajian di hari libur, mengadakan turnamen olahraga bagi remaja, mengadakan kegiatan gotong-royong, sehingga adanya sosialisasi yang terjalin antara remaaja, sedangkan orang tua remaja di Mukim Jruek hanya 20% saja yang berperan aktif dalam menanyakan serta mengontrol penggunaan smartphone pada remaja dan memberi arahan tentang dampak positif dan negatif penggunaan smartphone, 80% lainnya orang tua di Mukim Jruek tidak berperan dalam mengontrol penggunaan smartphone pada remaja di karenakan kesibukan mereka dalam bekerja, serta ketidak pahaman mereka dalam penggunaan smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah Isri S.Pd.I., MA. Pembimbing II : Isna Wardatul Bararah S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Degradasi Moral, Remaja
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puja Khairunnisa
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:39
Last Modified: 15 Jun 2020 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item
View Item