Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di MAS Darul Ulum

Fitria Rahmadani, 150204098 (2020) Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di MAS Darul Ulum. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Metode Eksperimen untuk    Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta          Didik  pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di   MAS Darul Ulum]
Preview
Text (Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di MAS Darul Ulum)
Fitria Rahmadani, 150204098, FTK, PFS, 085373500834.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terwujudnya pendidikan yang bermutu membutuhkan upaya yang terus menurus untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas pembelajaran Fisika masih sangat rendah dan aktivitas belajar peserta didik cenderung pasif. Aktivitas belajar peserta didik yang baik akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik adalah metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik (2) menganalisis peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one grup pretest-posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel yang akan diteliti yaitu peserta didik kelas XI MIA1 MAS Darul Ulum Banda Aceh. Teknik pengumpulan data berupa soal tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode eksperimen dengan nilai t_hitung>t_tabel atau 8,06 > 2 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 68,75% menjadi 83,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di MAS Darul Ulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Mutiawati. M.Pd Pembimbing II : Arusman. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar dan Aktivitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Rahmadani
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:01
Last Modified: 16 Jun 2020 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item
View Item