Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Melalui Media Tutup Botol di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat

Nurma, 150210019 (2019) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Melalui Media Tutup Botol di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text
Nurma, 150210019, FTK, PIAUD, 085372332769.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kognitif anak perlu dikembangkan sejak dini. Media yang menarik merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penggunaan media tutup botol dalam pembelajaran konsep bilangan pada anak. Hasil observasi di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat ditemukan bahwa sebagian anak belum sepenuhnya berkembang kemampuan kognitif. Anak hanya mampu menghafal angka namun tidak dapat mengenal lambang bilangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam meningkatan kemampuan kognitif anak melalui media tutup botol, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media tutup botol. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, yang datanya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B, terdiri dari 9 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I, aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 3.15 % dengan kriteria Baik. Sedangkan kemampuan kognitif anak mencapai 51.38 % dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Pada Siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 3.65 % dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan peningkatan kemampuan kognitif anak menggunakan media tutup botol mencapai 76.16 % dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas guru dan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Media Tutup Botol
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nurma Nurma
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:07
Last Modified: 22 Jun 2020 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item
TOP