Analisis Sistem Keamanan Perpustakaan dalam Pencegahan Kerusakan Koleksi di Perpustakaan FKIP Unsyiah

Hafiz, 531303252 (2019) Analisis Sistem Keamanan Perpustakaan dalam Pencegahan Kerusakan Koleksi di Perpustakaan FKIP Unsyiah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis  Sistem  Keamanan Perpustakaan dalam Pencegahan Kerusakan Koleksi di Perpustakaan FKIP Unsyiah]
Preview
Text (Analisis Sistem Keamanan Perpustakaan dalam Pencegahan Kerusakan Koleksi di Perpustakaan FKIP Unsyiah)
Hafiz, 531303252, FAH, IP, 085270091893.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Sistem Keamanan Perpustakaan dalam Pencegahan Kerusakan Koleksi di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana sistem keamanan perpustakaan dalam pencegahan kerusakan koleksi di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem keamanan perpustakaan dalam pencegahan kerusakan koleksi di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sistem keamanan perpustakaan dalam pencegahan kerusakan koleksi di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala dilakukan dengan tiga cara, yaitu: (1) memperhatikan keamanan fisik (physical security) perpustakaan, yang mencakup kondisi bangunan, pencahayaan yang terang dan perlindungan pada pintu dan jendela, (2) memperhatikan penggunaan teknologi keamanan closed circuit television (CCTV), security gate dan (3) menerapkan kebijakan keamanan berupa adanya kartu identitas bagi pengguna perpustakaan yang ingin meminjam koleksi perpustakaan. Sebelum adanya penggunaan teknologi keamanan CCTV dan security gate setiap bulannya Perpustakaan FKIP Unsyiah mengalami kerusakan 15-20 buku perbulan dan kehilangan dari 5-10 buku setiap bulannya, sedangkan setelah adanya alat keamanan CCTV dan security gate tersebut, kerusakan koleksi tidak terjadi lagi dan tidak ditemukan lagi adanya kehilangan koleksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Keamanan Perpustakaan, Pencegahan Kerusakan Koleksi, Perpustakaan FKIP Universitas Syiah Kuala.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Hafiz Hafiz
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:17
Last Modified: 23 Jun 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item
View Item