Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model PBL dan Karakter Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Hayu Rahmadani Tekisendi, 150205004 (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model PBL dan Karakter Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model PBL dan Karakter Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa)
Hayu Ramadhani Tekisendi. 150205004, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter adalah tujuan utama dalam pendidikan sebagaimana nabi Muhammad Saw diutus menjadi Rasulullah untuk membentuk akhlak manusia. Pada dasarnya pengetahuan Islam dan pengetahuan umum adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Matamatika adalah pengetahuan umum yang dapat diintegrasikan nilai karakter Islami maupun pengetahuan Islami dalam pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu tuntutan NCTM untuk melatih peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Model Problem Based Learning merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.Berdasarkan analisis perangkat pembelajaran yang dilakukan di tiga sekolah, sudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning namun langkah-langkah pembelajaran masih belum melatih peserta didik untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah serta belum mengintegrasikan karakter Islami maupun pengetahuan Islam. Maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dan karakter Islami untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yaitu 4-D yang terdiri dari 4 tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan diperoleh dari hasil analisis penilaian validator adalah sangat valid dan sangat baik untuk bahan ajar, RPP, LKPD, dan LE. Kepraktisan terlihat dari penilaian validator yang menyatakan bahwa perangkat embelajaran dapat diterapkan. Selain itu kepraktian juga dilihat dari hasil analisis respon guru terhadap perangkat pembelajaran diperoleh uji inter-rater adalah 0,529 dengan kriteria baik sehingga dikatakan praktis. Oleh karena itu perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes. Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Pemecahan Masalah, Karakter Islami
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hayu Rahmadani Tekisendi Hayu
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:21
Last Modified: 24 Jun 2020 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item
TOP