Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, dan Zakat Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus di 23 Kabupaten/Kota Provinsi Aceh)

Mafazal Muna, 150602074 (2019) Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, dan Zakat Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus di 23 Kabupaten/Kota Provinsi Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, dan Zakat Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus di 23 Kabupaten/Kota Provinsi Aceh)]
Preview
Text (Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, dan Zakat Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus di 23 Kabupaten/Kota Provinsi Aceh))
Mafazal Muna, 150602074, FEBI, ES, 0888 0781 6617.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai negara berkembang Indonesia mengalami masalah pertumbuhan jumlah penduduk, pengangguran, dan kemiskinan. Hal ini dapat disebabkan karena penyaluran zakat yang tidak baik. Aceh yang mayoritas penduduk muslim masih mengalami kemiskinan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Jumlah penduduk, pengangguran, dan zakat terhadap kemiskinan di Aceh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan objek penelitian menggunakan metode studi pustaka dan penelitian lapangan. Menggunakan jenis data sekunder berupa data panel (Pooled data). Analisis data dengan regresi panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Pengangguran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan. Zakat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan. Secara simultan jumlah penduduk, pengangguran, dan zakat berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Zulhilmi, S.Ag., MA. Pembimbing II : Cut Elfida, S.HI., MA.
Uncontrolled Keywords: Jumlah Penduduk, Pengangguran, Zakat, Kemiskinan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mafazal Muna Muna
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:07
Last Modified: 25 Jun 2020 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item
View Item