Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Buku Dan Pengunjung Perpustakaan (Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ar-Rasyid Aceh Besar)

Munawar, Munawar (2020) Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Buku Dan Pengunjung Perpustakaan (Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ar-Rasyid Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Buku Dan Pengunjung Perpustakaan  (Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ar-Rasyid Aceh Besar)]
Preview
Text (Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Buku Dan Pengunjung Perpustakaan (Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ar-Rasyid Aceh Besar))
Munawar, 140212059, FTK, PTI, 082363533944.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa tempat atau lembaga pendidikan yang masih menggunakan cara manual dalam pengolahan data buku, anggota, kunjungan dan peminjaman yang kurang efektif dan memakan waktu. TBM Ar-Rasyid dalam proses pengisian buku tamu, dan pendataan data buku, peminjaman, anggota masih dilakukan secara manual. Sehingga banyak energi dan sumber daya yang akan terbuang, baik dari segi materi maupun dari segi waktu, penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah sistem pengolahan data yang dapat digunakan oleh petugas perpustakaan dalam pendataan data buku, anggota, kunjungan dan peminjaman jadi mudah dan lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dan untuk pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Kemudian setelah dilakukan pengujian terhadap sistem yaitu berupa pengujian blackbox dan dilanjutkan dengan pengujian penerimaan sistem oleh pengguna (User Acceptend Test) terhadap pengguna yaitu anggota, petugas perpustakaan maka diperoleh hasil uji dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 4,31 dengan persentase 86 % yang artinya sangat sesuai atau sangat mudah. Pengguna merasa puas dengan sistem yang dibangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:05
Last Modified: 26 Jun 2020 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12312

Actions (login required)

View Item
View Item