Penggunaan Media Explosion Box Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 Aceh Barat Daya

Ulya Vianda, 150207149 (2020) Penggunaan Media Explosion Box Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Media Explosion Box Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Penggunaan Media Explosion Box Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 Aceh Barat Daya)
Ulya Vianda, 150207149, FTK, PBL, 082274648878.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kehadiran media dalam proses belajar mengajar mempunyai arti yang cukup penting karena dapat memperjelas materi, dapat menumbuhkan minat belajar yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Namun penggunaan media pembelajaran di SMAN 4 Aceh Barat Daya masih kurang. Keadaan tersebut mengakibatkan kebanyakan siswa tidak antusias dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa pada materi protista menggunakan media Explosion Box di SMAN 4 Aceh Barat Daya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 4 Aceh Barat Daya yaitu kelas X MIA-1 yang berjumlah 19 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, di mana kelas X MIA-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa tergolong kategori sangat baik yaitu 84,6%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari selisih rata-rata nilai pre-test ke post-test yaitu 49,7. Perolehan rata-rata nilai pre-test sebesar 24 sedangkan post-test sebesar 73,3. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan 0,05 dengan db 18 diperoleh thitung > ttabel (26,52 > 2.101) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Explosion Box pada materi protista dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Explosion Box, Minat dan Hasil Belajar, Protista
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulya Vianda
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:59
Last Modified: 02 Jul 2020 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12437

Actions (login required)

View Item
View Item