Uji Efektivitas Cangkang Keong Mas (Pomacea canaliculta L) sebagai Biosorben dalam Menyerap Logam Berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb)

Risna Mauriza, 150702059 (2019) Uji Efektivitas Cangkang Keong Mas (Pomacea canaliculta L) sebagai Biosorben dalam Menyerap Logam Berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Uji Efektivitas Cangkang Keong Mas (Pomacea canaliculta L) sebagai   Biosorben dalam Menyerap Logam Berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb)]
Preview
Text (Uji Efektivitas Cangkang Keong Mas (Pomacea canaliculta L) sebagai Biosorben dalam Menyerap Logam Berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb))
Risna Mauriza, 150702059, FST, TL, 081360213987.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Logam berat Hg dan Pb merupakan logam berat yang berbahaya bagi kesehatan. Dimana Hg akan menyebabkan penyakit tremor dan Pb akan merusak sistem organ. Salah satu cara untuk mengurangi adanya kandungan logam Hg dan Pb di dapat dilakukan dengan penggunaan adsorben. Keong mas merupakan salah satu hama bagi aktivitas pertanian. Di dalam cangkang keong mas mengandung banyak kalsium karbonat. Kalsium karbonat dapat dijadikan sebagai adsorben. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan serbuk cangkang keong mas dalam menyerap logam Hg dan Pb. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat terdiri dari konsentrasi 10 ppm merkuri,10 ppm timbal dn kecepatan waktu pengadukan 100 rpm. Sedangkan variabel bebas terdiri dari variasi massa serbuk dan waktu pengadukan. Massa serbuk keong mas yang digunakan yaitu 0 gr; 5 gr; 10 gr; 15 gr dan 20 gr dengan variasi waktu pengadukan selama 15 menit dan 30 menit untuk tiap-tiap sampel Hg dan sampel Pb. Tiap - tiap sampel Hg dan Pb yang digunakan dengan konsentrasi 10 ppm. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh didapatkan hasil efektivitas serbuk cangkang keong mas dalam menyerap Hg10 ppm adalah pada massa 20 gr serbuk keong mas dengan waktu pengadukan 30 menit yaitu sebesar 99,87% dengan hasil penurunan konsentrasi Hg 10 ppm menjadi Hg 0,01. Sedangkan efektivitas serbuk cangkang keong mas dalam menyerap Pb 10 ppm terdapat pada massa 5 gr serbuk cangkang keong mas dan dengan waktu pengadukan 15 menit yaitu sebesar 99,99% dengan hasil penurunan konsentrasi Pb 10 ppm menjadi Pb 0,0001 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Husnawati Yahya, M.Sc. Pembimbing II : T.Muhammad Ashari, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Logam Berat, Kalsium Karbonat, Adsorben, Hg, Pb, Waktu Pengadukan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Risna Mauriza
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:25
Last Modified: 02 Jul 2020 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item
View Item