Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh

Nurul Fauqan Nurin, 150213079 (2019) Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas  Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh)
Nurul Fauqan Nurin, 150213079, FTK, BK, 085760099421.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Disiplin adalah suatu perilaku peserta didik yang terbentuk melalui proses dari serangkaian kebiasaan yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai norma. Peserta didik yang memiliki disiplin akan menunjukkan ketaatan dan keteraturan terhadap perannya sebagai seorang pelajar yaitu pelajar secara terarah dan teratur. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh dengan latar belakang masalah kurangnya peserta didik dalam mengelola waktu, karena SMP Islam Ibnu Khaldun merupakan sekolah berbasis asrama (dayah), oleh karena itu hampir seluruh peserta didik mengalami masalah pribadi terkhusus terhadap kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik self management sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian pre-experimental (pra-eksperimen) dengan desain One Group Pre-test dan Post-test Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Berjumlah 61 peserta didik dengan kedisiplinan tinggi, sedang dan rendah, sedangkan sampelnya sebanyak 7 orang peserta didik yang mewakili dari kelas VII. Sampel di pilih melalui sampling purposive dengan pengkategorisasi peserta didik yang tingkat kedisiplinan terendah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, hasil penelitian menunjukkan teknik self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VII di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mashuri, S.Ag., M.A Pembimbing II : Wanty Khaira, S.Ag., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Managment, Kedisiplinan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nurul Fauqan Nurin Yuyun
Date Deposited: 03 Jul 2020 07:58
Last Modified: 03 Jul 2020 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item
View Item