Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir

Baidatul Nisa, 150213118 (2020) Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir)
Baidatul Nisa, 150213118, FTK, BK 085270554091.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kendala merupakan sebuah factor atau hambatan yang dialami oleh mahasiswa BK dalam menyelesaikan tugas akhir. Adapun kendala yang dialami berasal dari dalam diri individu maupun dari luar diri individu seperti kurangnya motivasi, kurangnya minat, malas, kesulitan dalam menemui dosen pembimbing, takut berkonsultasi dengan dosen pembimbing, referensi yang terbatas, dan kurang memahami cara penulisan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam menyelesaikan tugas akhir serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi kendala dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti mengungkapkan serta memaparkan data sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa akhir yang masih aktif sebagai mahasiswa BK, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 orang mahasiswa dari angkatan 2014 dan 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja berdasarkan criteria atau penilaian yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kendala yang dialami mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam menyelesaikan tugas akhir adalah Kesulitan dalam menemui dosen pembimbing, Referensi yang terbatas, masalah ekonomi, Merasa takut berkonsultasi dengan dosen pembimbing, Kurangnya motivasi, Kurang memahami literatur dalam penulisan tugas akhir, serta upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi kendala dalam menyelesaikan tugas akhir tersebut yaitu pada faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Chairan M. Nur, M.Ag Pembimbing II : Tabrani, ZA,S.Pd.I., M.SI., MA
Uncontrolled Keywords: Kendala-Kendala Mahasiswa, Menyelesaikan Tugas Akhir
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Baidatul Nisa
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:26
Last Modified: 03 Jul 2020 09:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item
TOP