Identifikasi Tumbuhan Asing Invasif (Invasive Alien Species) Herba Di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Pada Submateri Faktor Menghilangnya Keanekaragaman Hayati Di SMAN 1 Lembah Seulawah Aceh Besar

Putri Andriani, 150207001 (2019) Identifikasi Tumbuhan Asing Invasif (Invasive Alien Species) Herba Di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Pada Submateri Faktor Menghilangnya Keanekaragaman Hayati Di SMAN 1 Lembah Seulawah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Identifikasi Tumbuhan Asing Invasif (Invasive Alien Species) Herba Di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Pada Submateri Faktor Menghilangnya Keanekaragaman Hayati  Di SMAN 1 Lembah Seulawah Aceh Besar]
Preview
Text (Identifikasi Tumbuhan Asing Invasif (Invasive Alien Species) Herba Di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Pada Submateri Faktor Menghilangnya Keanekaragaman Hayati Di SMAN 1 Lembah Seulawah Aceh Besar)
Putri Andriani, 150207001, FTK, PBL, 082325359415.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan asing invasif menjadi salah satu faktor penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati. Materi keanekaragam hayati dibelajarkan di kelas X (sepuluh) SMA dan terdapat pada Kompentensi Dasar (KD) 3.2 yaitu menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tumbuhan herba apa saja yang tergolong jenis tumbuhan asing invasif yang terdapat di Tahura Pocut Meurah Intan Aceh dan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan hasil penelitian sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode survey explorative dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 84 jenis tumbuhan herba dan 10 jenis diantaranya tergolong jenis tumbuhan asing invasif. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar sebagai media pendukung pembelajaran di SMAN 1 Lembah Seulawah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Asing Invasif, Herba, Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Aceh
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman) > 581.6 Aneka Ragaman Tumbuhan Nontaksonomik (termasuk Herba)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Andriani
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:59
Last Modified: 06 Jul 2020 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item
View Item